Mengapa Orang Indonesia Berobat ke Penang ??

Matahari masih belum menampakan dirinya ketika aku dan mama berangkat menuju bandara untuk penerbangan jam 5 pagi ini. Wahhhh betapa terkejutnya kami setiba di bandara Soeta terminal 3 pintupun belum terbuka. Setelah menunggu hampir 30 menit, pintu bandarapun terbuka tepat pukul 3.00 pagi dini hari. Mataku menatap seluruh penumpang yang sibuk melewati mesin scan dan rata-rata mereka menuju ke Penang untuk berobat bukan untuk wisata. Kamipun akan berangkat untuk berobat dan untuk sampai pada tujuan, kami menumpangin pesawat Air Asia satu-satunya pesawat yang direct ke Penang yang merupakan salah satu negara bagian Malaysia.

Berkali-kali kami ke Penang untuk mengobati sakit maagku yang telah akut dan juga mama yang melakukan pengontrollan pasca operasi bypass jantung yang dijalanin beliau membuat kami menjadi sangat familiar dengan salah satu negara bagian kecial di Malaysia ini. Culture dan bahasa di Penang sama persis dengan bahasa dikampung halaman kami so serasa di kampung halaman :) :). Dan selama kami berkunjung disana terutama rumah sakit mama hampir 90 % pasien yang mengantri adalah orang INDONESIA.

Pertama kali kami mengunjungin Penang karena kebiasaan yang dilakukan oleh orang-orang di kampung halamanku yang lebih mempercayai dokter di Penang daripada dokter di Indonesia dan juga karena sakit maagku yang telah 10 tahun aku lalui dengan mengunjungin bermacam-macam dokter di Indonesia bahkan sampai salah satu dokter yang mengobatiku telah meninggal namun penyakit asam lambungku tetap tidak terobati. Maka sebelum kami berangkat kami telah mengantongi rekomendasi nama dokter yang diberikan yakni Dr Robert Tjing di Island Hospital dan mama juga melakukan bypass di Penang. Namun pada kunjungan kali ini kami tidak sendirian, teman-temanku ikut serta untuk mendapat  diagnosa dokter yang lebih lanjut karena ginjalnya yang merembes.

Teman-temanku adalah orang yang asli lahir di Jakarta, aku mencoba diam dan tidak memberikan comment apapun mengenai dokter di Penang ketika mereka mengikutiku ke Penang. Namun begitu melihat service dan kualitas dokter yang mereka temui  di Penang membuat teman-temanku benar-benar mengacungkan jempol. Satu hal comment mereka adalah kami tidak pernah mendapatkan penjelasan selengkap dokter di Penang ini sehingga kami benar-benar mengerti apa yang harus dilakukan dan apa yang akan terjadi.

Lalu apa sebenarnya yang membuat orang Indonesia senang berobat ke Penang ?

1. Service yang memuaskan
Sebagai orang asing yang mengunjungin Penang kami disambut dengan tulus hati, penjemputan di sediakan di Bandara secara GRATIS meskipun mungkin yang berobat hanya satu orang seluruh keluarga boleh menumpangin mobil hospital secara gratis.....

2. Ketelitian
Dokter di Penang rata-rata memiliki pendidikan yang sangat tinggi sampai-sampai harus membutuhkan 2 baris untuk menulis gelar mereka yang didapat dari berbagai negara ada gelar yang didapat dari Sing, UK dan banyak lagi..... Bukan hanya gelar namun mereka melayani dengan sepenuh hati dan dengan kesabaran menjelaskan apa yang kita alami dan bila kita tidak mengobatinya apa yang akan terjadi???? Dan di Penang dokter-dokter sama dengan di Singapore mereka tidak akan memberikan diagnosa dan obat sebelum memeriksa dengan teliti dan didalam. Contoh : Ketika saya sakit maag akut dan memutuskan berobat di Penang hal pertama yang dilakukan dokter di Penang adalah Endoskopi lambung karena mereka tidak dapat memberikan obat yang tepat bila tidak mengetahui permasalahan yang sebenarnya...... dan dibandingkan dengan dokter di Indonesia dokter-dokter di Indonesia dapat memberikan obat tanpa melakukan pemeriksaan di dalam dan telah berasumsi sakit maag saja padahal sakit kanker di lambungpun awalnya terasa seperti sakit maag dan kembung.

3. Murah
Di rumah sakit di Penang kita tidak akan menemukan para sales obat yang menunggu dokter seperti di Indonesia sampai berjam-jam sehingga dokter-dokter di Indonesia menjadi lebih materialistis dibandingkan dokter di Penang. Obat di Penang merupakan obat yang di pakai di RS di Singapore sehingga kualitasnya sangat terjamin dan juga murah. Untuk seorang dokter jantung yang sudah sangat-sangat pengalaman kami cukup membayar 60 ringgit yang bila dikalikan di Indonesia cukup Rp. 180.000,-  saya kira di Indonesia untuk seorang professor jantung kita tidak cukup hanya membayar Rp. 180.000,-

Karena hal-hal diataslah maka tidak mengherankan bila kita menemukan hampir diseluruh rumah sakit di Penang kita bisa menemui orang Indonsia dan bahkan ada rumah sakit yang 90% adalah orang Indonesia bahkan kami pernah bercanda wahhhhh tanpa orang Indonesia rumah sakit ini bisa bangkruttttttttt......

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

9 comments:

benny lesmana said...

Hi Chang,

saya lg browsing" om google cari info mengenai dokter maag di penang dan kebetulan blog kamu muncul :)... nanya" info boleh yah...gimana sakit maagnya sudah sembuh? saya rencana bulan april ini mau ke penang tapi masih belum tahu dokter yang bagus buat sakit maag...bisa di rekomendasi dokternya dan rumah sakitnya? thx before
benny

Pinguin said...

Penang berobat tidak murah, malah sepertinya lbh mahal drpd di indo, konsultasi 100ringgit, sedangkan di jakarta dokter specialis biayanya seitar 200-250rb rupiah. Memang di penang dokter2ya banyak yg lulusan dr luas, sedangkan di indo dokter yg lulusan dr luar malah tidak diakui.
Kl ada yg bilang org penang ramah sy tdk setuju, malah terkesan org penang sombong2, sepertinya kita org indo cuma bisa jadi TKI doank.

Jasmine haryadi said...

Penang berobat jauh lebih murah Dari di jakarta. Yg terkadang asal diagnosa, kebetulan sy baru pulang berobat Dari sana. Ortu saya di suruh pasangan 2 ring oleh salah satu dokter terkemuka di Jakarta. Tp smp di Adventist hospital, dokter nya bilang ga perlu pasang ring. Cukup minum obat saja. Dokter tulang di island hospital pun jauh lbh bagus dr dokter di jakarta. Bukti nya? Hampir 100% pasien dokter Oh Kim Soon itu org Indonesia. Kl dokter utk maag, sy baru mau coba Dr. Robert Ding. Masalah Ramah atau tidak, masa bodo amat, aku ga minta2 ini sama mereka. Yg penting tujuan kita cuma berobat, bukan minta sedekah sm mereka.

serly said...

Halo mbak Esther, saya mahasiswi Indonesia yang sedang mencari data2 tentang Indonesian medical tourist di Malaysia, lalu ketemu blog Mbak Esther. Mbak Esther keberatan ga untuk berbagi pengalamannya melalui telefon? Thanks before :)

Lieliyani Octavia said...
This comment has been removed by the author.
Lieliyani Octavia said...

Hallo Mba Esther, Haii semua..

Numpang share yah, mudah-mudahan bisa membantu bagi yg sedang membutuhkan.

Perkenalkan saya Lieli. Saya bekerja di SingMedic, yaitu perwakilan rumah sakit Malaysia. RS yg kami wakili antara lain: Island Hospial, Sunway Medical Centre dan Mount Miriam Cancer Hospital.

Bagi Bapak/ Ibu yang membutuhkan informasi mengenai rumah sakit, dokter, perkiraan biaya dan pembuatan janji temu dgn dokter, silahkan menghubungi kantor kami di 02134101000 atau email ke jakarta@singmedic.com.

Semua informasi dan service yg kami berikan tdk dipungut biaya (GRATIS), krn kami perwakilan resmi. Selain RS Malaysia, kami juga mewakili sebagian besar RS Pemerintah maupun Swasta di Singapura.

Terima kasih.

Unknown said...

hallo mbak Esther, untuk biaya brobat pnyakit maag brapa kira kira, apa cukup 5 juta , dan brapa lama disana apa cukup 5 hari, rncana bapak saya mau kami antar ksana dalam waktu dkat ini, atas infonya trlbih ahulu saya ucpkan trima kasih.

Joe Ly Sien said...

artikel yang menari, bulan kemaren juga berobat ke penang, suasana kota yang damai, nyaman bisa sekalian wisata disana

Lieliyani Octavia said...

Haloo mas ary dan semuanya,

Sekedar update saja, ada perubahan sedikit untuk contact saya. Jika ada teman-teman yang memerlukan informasi seputar RS di Sing dan Malaysia, mohon menghubungi saya di alamat email yang baru di lieliyani@hcm-medika.com atau info@hcm-medika.com. Untuk nomor telephone, saya tetap bisa dihubungi dinomor (021) 34101000, hotline 081320252525.

Semoga membantu. Terima kasih.

Post a Comment